Arti & Makna Lambang Garuda Pancasila

Garuda Pancasila
Garuda Pancasila

Arti dan makna lambang Negara Indonesia “GARUDA PANCASILA” yaitu :

Burung garuda berwarna kuning emas mengepakkan sayapnya dengan gagah menoleh ke kanan. Dalam tubuhnya mengemas kelima dasar dari Pancasila.  Di tengah tameng yang bermakna benteng ketahanan filosofis, terbentang garis tebal yang bermakna garis khatulistiwa, yang merupakan lambang geografis lokasi Indonesia.  Kedua kakinya yang kokoh kekar mencengkeram kuat semboyan bangsa Indonesia “Bhinneka Tunggal Ika” yang berarti “Berbeda-beda, Namun Tetap Satu“.

Secara tegas bangsa Indonesia telah memilih burung garuda sebagai lambang kebangsaannya yang besar, karena garuda adalah burung yang penuh percaya diri, energik dan dinamis.  Ia terbang menguasai angkasa dan memantau keadaan sendiri, tak suka bergantung pada yang lain.  Garuda yang merupakan lambang pemberani dalam mempertahankan wilayah, tetapi dia pun akan menghormati wilayah milik yang lain sekalipun wilayah itu milik burung yang lebih kecil.  Warna kuning emas melambangkan bangsa yang besar dan berjiwa priyagung sejati.

Burung garuda yang juga punya sifat sangat setia pada kewajiban sesuai dengan budaya bangsa yang dihayati secara turun temurun.  Burung garuda pun pantang mundur dan pantang menyerah.  Legenda semacam ini juga diabadikan sangat indah oleh nenek moyang bangsa Indonesia pada candi dan di berbagai prasasti sejak abad ke-15.

Keberhasilan bangsa Indonesia dalam meraih cita-citanya menjadi negara yang merdeka bersatu dan berdaulat pada tanggal 17 Agustus 1945, tertera lengkap dalam lambang garuda.  17 helai bulu pada sayapnya yang membentang gagah melambangkan tanggal 17 hari kemerdekaan Indonesia, 8 helai bulu pada ekornya melambangkan bulan Agustus, dan ke-45 helai bulu pada lehernya melambangkan tahun 1945 adalah tahun kemerdekaan Indonesia.  Semua itu memuat kemasan historis bangsa Indonesia sebagai titik puncak dari segala perjuangan bangsa Indonesia untuk mendapatkan kemerdekaannya yang panjang.  Dengan demikian lambang burung garuda itu semakin gagah mengemas lengkap empat arti visual sekaligus, yaitu makna filosofis, geografis, sosiologis, dan historis.

About these ads

2 Comments

  1. cuma gitu doang? kurang lengkap deh kea nya .. coz esde jdak uda dikasi tau yang bgituan ..

  2. Terima kasih komentarnya…
    Sebetulnya ada banyak info-info yang tidak saya masukan karena keterbatasan waktu saya didepan komputer, mungkin garis besarnya saja yang saya tulis untuk sebagai pengingat dan pedoman kita kepada nasionalisme kita terhadap lambang negara kita. Sering kirim saran ke saya agar sebagai evaluasi dan perbaruan blog ini.

    Terima Kasih.


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • January 2009
    M T W T F S S
    « Dec    
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    262728293031  
  • Recent Posts

  • Recent Comments

    wdynasty on Arti & Makna Lambang Garud…
    iez on Arti & Makna Lambang Garud…
    wdynasty on Harga BBM Turun VS Kesengsaraa…
    Garuda on Presiden SBY Melantik Perwira…
    Mahendra on Harga BBM Turun VS Kesengsaraa…
  • Hubungi Saya . . .

    Wdinasty Widysta's Facebook Profile
  • My Url

    Locations of visitors to this page My Popularity (by popuri.us) Kurs Klik BCA 26-Des-2008 / 15:36 WIB
  • Follow

    Get every new post delivered to your Inbox.

      USD 11600.00 10600.00
      SGD 8047.50 7327.50
      HKD 1497.90 1366.60
      CHF 10818.25 9857.25